Sukses Dipakai di Ukraina, Negara Pecahan Soviet Ini Borong Roket HIMARS AS

  • Bagikan
Roket Himars

FAJAR.CO.ID, WASHINGTON-- Latvia telah mengirim surat permintaan untuk membeli Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) dari Amerika Serikat, dengan potensi akuisisi yang akan dilakukan sebagai inisiatif bersama dari tiga negara Baltik, yang juga termasuk negara tetangga Estonia dan Lithuania.

“Kementerian Pertahanan telah mengirim surat permintaan ke AS tentang ketersediaan dan harga HIMARS,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Latvia kepada Defense News.

“Ini adalah proyek bersama Amerika Baltik, dan Kementerian Pertahanan mengharapkan AS untuk mendukungnya dengan pembiayaan bersama," imbuhnya.

HIMARS adalah peluncur roket mobile jarak jauh yang dibuat oleh perusahaan Amerika Lockheed Martin. Dengan Ukraina menggunakan sistem yang dipasok AS untuk memerangi invasi Rusia ke wilayahnya, dan Polandia mengajukan surat permintaan Mei lalu untuk memesan sekitar 500 peluncur M142 HIMARS.

Latvia bertujuan untuk bergabung dengan klub berkembang dari negara-negara Eropa Timur yang berniat menggunakan senjata itu untuk meningkatkan kapasitas artileri masing-masing.

Selain HIMARS, Riga bertujuan untuk membeli sistem rudal pertahanan pantai dan saat ini sedang mengevaluasi penawaran yang diajukan. Negara ini juga mempertimbangkan pembelian sistem pertahanan udara jarak menengah.

“Mengenai sistem pertahanan pantai, Kementerian Pertahanan telah menerima tawaran dari pemasok potensial. Selama riset pasar, analisis penawaran ini telah dilakukan, serta informasi tambahan telah diminta untuk evaluasi lebih lanjut,” kata juru bicara itu.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan