38 Parpol Telah Diberi Akses Sipol, Ketua KPU Sebut Baru Enam Partai yang Lengkapi Data

  • Bagikan
Ketua KPU RI Hasyim Asyari

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Ketua KPU RI Hasyim Asyari menyatakan, pihaknya sudah menerima kelengkapan data dari enam partai politik ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Keenam partai politik tersebut di antaranya PDIP, Partai Golkar, Partai Perindo, PKB, Partai Gerindra dan Partai Demokrat.

“Data terbaru sampai Rabu 27 Juli 2022, sebanyak enam partai politik yang telah tuntas mengisi semua syarat dalam Sipol. Dalam catatan monitor kami itu ada enam parpol nasional yang input dan unggah data Sipolnya sudah 100 persen,” kata Hasyim dalam keterangannya, Kamis (28/7).

Keenam partai tersebut telah melakukan input data sejak sejak 24 Juni 2022 lalu dan akan berakhir lima hari sebelum dimulainya tahapan pendaftaran parpol pada 14 Agustus.

Meski begitu, Hasyim menyatakan masih ada sejumlah Parpol yang hingga kini masih terus berusaha melengkapi data di Sipol.

“Yang lain-lain ada yang 90 persen ada banyak, ada yang 80 persen, 75 persen, dan masih banyak juga yang sekitar 25 sampai 40 persen,” ujar Hasyim.

Sebagaimana diketahui, terdapat 38 partai politik nasional yang tekah mengajukan permohonan akses Sipol.
Selain itu, terdapat tujuh partai politik lokal Aceh yang juga permohonan akses Sipol diterima KPU RI.

Sebanyak 38 partai politik nasional telah diberi akses Sipol, sembilan di antaranya merupakan peserta Pemilu 2019 yang lolos ambang batas parlemen. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan