Habiskan Rp880 Juta Tetapi Gagal ke Tanah Suci, Wanita Makassar Laporkan Agensi Haji ke Polda

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Penipuan di agensi travel haji masih marak terjadi. Wanita asal Makassar, Lindah Patta Sore (35) jadi korbannya.

Dia merupakan salah satu calon jemaah haji furoda yang gagal berangkat menjalankan ibadah haji tahun ini.

Tak tanggung-tanggung, dana yang sudah dia keluarkan untuk ibadah hampir Rp1 Miliar yakni, Rp880 juta ke agensi travel haji.

Merasa dirugikan, Linda akhirnya menempuh jalur hukum. Dia melaporkan dugaan penipuan ke Polda Sulsel.

Laporan Lindah telah didaftarkan di SKPT nomor LBP/604/VI/2022/SPKT tertanggal 16 Juni 2022.

"Adanya kejanggalan tersebut, saya melaporkan tindakan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pimpinan cabang Sabda Travel Services atas nama Nur Fahratul Ashari yang juga merupakan mantan karyawan ABU TOUR Travel di Polda Sulsel," kata Lindah, Kamis (28/7/2022).

Lindah mengatakan, langkah tersebut ditempuh sebagai upaya mendapatkan keadilan dan mencegah terulang kejadian tersebut pada masyarakat lainnya.

Lindah mengungkapkan telah menyerahkan uang Rp880 juta secara bertahap untuk pembayaran haji furoda dimulai Oktober 2019 hingga Februari 2021.

Menurutnya bukti pembayaran maupun saksi-saksi dan pendaftaran lengkap.
Karena pandemi tahun 2020 dan 2021, Sabda Travel Services menjanjikan akan berangkat di tahun 2022.

"Tetapi pada tanggal 9 Mei 2022, Direktur kantor pusat Jakarta Sabda Travel atas nama Januar Setyadi mengirimkan surat penutupan kantor cabang Makassar," katanya.

"Dana saya Rp880 juta entah ke mana saya harus meminta pertanggungjawaban karena kantor pusat berlepas diri atas aduan saya mengenai dana haji yang telah disetorkan," lanjutnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan