Angka Putus Sekolah Tingkat SD DKI Jakarta Tertinggi Indonesia, Juru Bicara PSI: Gubernurnya Mau Nyapres

  • Bagikan
ilustrasi siswa SD

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Ternyata, angka putus sekolah dingkat Sekolah Dasar (SD) di DKI Jakarta adalah yang tertinggi dan menempati urutan pertama di Indonesia.

Hal ini diungkap Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta yang menyatakan keprihatinannya karena angka putus sekolah tingkat SD Jakarta tertinggi di Indonesia.

"Bukan hanya prihatin, tapi bikin sesak dada, menyedihkan, angka siswa SD putus sekolah di DKI hampir empat kali lipat dibandingkan rata-rata nasional, bahkan lebih dua kali lipat dibandingkan Papua dan Papua Barat," kata Juru Bicara DPP PSI Furqan AMC, Jumat 29 Juli 2022.

Furqan menyebutkan bahwa angka yang disebutnya berdasarkan data yang dirilis oleh katadata.co.id pada akhir Mei 2022, menyebutkan bahwa angka putus sekolah siswa SD Jakarta tahun 2020/2021 sebesar 0,69 persen, sementara Papua Barat hanya 0,3 persen dan Papua hanya 0,28 persen, sedangkan rata-rata nasional hanya 0,18 persen.

Hal tersebut, dikatakannya mengkhawatirkan mengingat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta adalah yang tertinggi se-Indonesia, yakni pada 2021 saja sebanyak Rp62,3 triliun.

"APBD terbesar di Indonesia, kok bisa-bisanya siswa SD yang putus sekolah di DKI tertinggi di Indonesia?" ucap Furqan.

Sementara, kata Furqan, Provinsi Gorontalo yang disebutnya hanya memiliki APBD Rp1,91 triliun saja, angka siswa SD yang putus sekolahnya cuma 0,31 persen.

"Apa sih yang kurang buat DKI? Orang-orang pintar bejibun di DKI. Gubernurnya mantan Menteri Pendidikan, mau nyapres pula. Sekali lagi kok bisa angka putus sekolah siswa SD di DKI tertinggi di Indonesia? Ini kan Ibu Kota," kata Furqan AMC.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan