Kondisi Terkini Puluhan WNI yang Disekap di Kamboja, Ganjar Pranowo Sebut Satu Orang Sakit

  • Bagikan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

FAJAR.CO.ID, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkap satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang diduga menjadi korban penipuan kerja di Kamboja dalam keadaan sakit.

Dia mengetahui keadaan tersebut saat memastikan melalui panggilan video secara pribadi. "Kemarin saya sudah video call dengan mereka, kondisinya baik-baik semua, tetapi ada satu yang sakit," kata Ganjar di Gedung Gradhika Bakti Praja Kompleks Gubernuran Jawa Tengah, Jumat (29/7).

Dalam panggilan video itu, Ganjar memastikan kondisi lima puluhan WNI itu dalam keadaan baik. Dirinya juga dapat melihat wajah masing-masing WNI, dan berkomunikasi dengan mereka. "Saya sudah konfirmasi ke sana, sebenarnya tidak disekap, dan bisa lihat wajah meraka," ujarnya.

Menurut Ganjar, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Tengah langsung mengecek kondisi para WNI tersebut.

"Masih akan diperiksa, saya suruh mengecek betul apa yang terjadi sambari kita membuat back up untuk mengamankan mereka," tuturnya.

Langkah lain yang dilakukan Ganjar yaitu berkoordinasi dengan KBRI setempat supaya dapat menghubungkan dengan perusahaan yang menaungi 54 WNI tersebut.

"Dengan KBRI, hari ini kami minta untuk mengecek ke lokasi, untuk komunikasi dengan perusahaannya," ujarnya.

Ganjar menyatakan ada pembelajaran yang dapat diambil dari peristiwa tersebut. Baginya, ada prosedur yang harus dilalui oleh masyarakat khususnya warga Jawa Tengah yang ingin bekerja di luar negeri.

"Saya minta siapapun yang mau kerja ke luar negeri tolong ikuti aturan semuanya, sehingga kami bisa memantau. Sebab kalau tidak maka yang terjadi akan di luar dugaan," tuturnya. (jpnn/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan