Humor Menyentil Gus Dur Tentang Jilbab, Bikin Ngakak!

  • Bagikan
Gus Dur

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur kerap melontarkan humor yang mengundang gelak tawa. Humor Gus Dur tentang jilbab kembali viral di media sosial.

Dalam sebuah wawancara talkshow, Gus Dur mengaku ditanya tentang sebab terjadinya gempa Bantul, Yogyakarta.

Merasa dirinya tak memiliki kemampuan dalam ilmu kegempaan dan geologi, Gus Dur lantas berkelakar.

Ia menjawab kejadian gempa tersebut bisa jadi karena berkaitan dengan paksaan memakai jilbab.

"Agama itu tidak perlu diterima secara serius. Ajarannya yang serius," tutur Gus Dur.

"Pernah saya ditanya di televisi TVRI tentang sebab-sebab gempa bumi di Bantul, Yogyakarta. Lho bayangin, saya bukan ahli geologi, tapi ya sudah," ungkapnya.

"Terus saya jawab, itu mungkin gempa bumi terjadi karena Nyai Roro Kidul itu dipaksa pakai jilbab," celetuk Gus Dur disambut gelak tawa penonton, seperti dilihat dari unggahan kanal YouTube Jas Hijau bertajuk 'Ini Humor Gus Dur tentang Nyi Ratu Roro Kidul Dipaksa Pakai Jilbab yang Bikin Ngakak', Senin (1/8/2022).

Topik tentang kewajiban berjilbab kembali mengemuka dan menjadi pro kontra ketika dua sekolah di Jakarta diduga memaksakan penggunaan jilbab terhadap siswi di lingkungan sekolah.

Tidak hanya di Jakarta, kejadian serupa juga terjadi di Bantul kala seorang siswi mendapat tindakan persekusi oleh tiga orang guru lantaran tidak mengenakan jilbab.

Kejadian tersebut dilaporkan membuat siswa tersebut trauma hingga depresi. Saat ini kasus tengah ditangani oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. (dra/fajar)

  • Bagikan