Pesan Jusuf Kalla dan Haedar Nashir dalam Pelepasan Mahasiswa KKN Muhammadiyah Aisyiyah di Unismuh Makassar

  • Bagikan
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Dr (HC) M Jusuf Kalla

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Dr (HC) M Jusuf Kalla dan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Haedar Nashir, memberikan pengarahan dalam Pembekalan dan Pelepasan 822 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah-Aisyiyah.

Keduanya hadir secara virtual, sementara para peserta KKN hadir di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah, Kampus Unismuh Makassar, Senin 1 Agustus 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Jusuf Kalla menyampaikan bahwa KKN bermakna Kuliah Kerja Nyata yang berarti para mahasiswa, tokoh masyarakat, atau para generasi muda akan mengunjungi daerah, hidup bersama masyarakat setempat untuk pertama belajar kearifan masyarakat di baerah, belajar dari kebiasaan adat dan istiadat masyarakat yang sesungguhnya.

Kedua, kata Jusuf Kalla, adalah memberikan manfaat kepada masyarakat baik di bidang sosial, ekonomi ataupun keagamaan.

"Ini sangat penting, akan terjadi suatu pertukaran pengalaman, antara yang mengunjungi dan yang dikunjungi. Dalam negara yang besar ini, tentu diperlukan suatu pemahaman, kesatuan yang baik, kebinekaan diakui sebagai kekuatan. Karena itu saling mengetahui, dan juga saling memberi manfaat kepada kita semua," ungkap Mantan Wakil Presiden RI dua periode ini.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa JK ini, menyampaikan bahwa patut diketahui masyarakat Sulsel merupakan masyarakat yang besar, tentunya juga kaya pengalaman sebagai enterpreneur dan perdagangan.

Di sisi lain, lanjut JK, masyarakat bugis makassar adalah masyarakat yang penuh dengan paham dan praktik keagamaan yang begitu baik, khusunya masyarakat Islam tentunya.

  • Bagikan