Penerus Osama bin Laden Tewas Kena Rudal AS, Ini Sosok Zawahiri Pemimpin Al-Qaeda

  • Bagikan
Ayman al-Zawahiri, pimpinan jaringan organisasi al-Qaeda. (AFP)

FAJAR.CO.ID, KABUL-- Serangan rudal Amerika Serikat tanpa awak menewaskan Ayman al-Zawahiri, di Kabul. Zawahiri merupakan pimpinan jaringan organisasi al-Qaeda dan penerus Osama bin Laden yang tewas 11 tahun lalu di tangan pasukan AS. Siapa sebetulnya Zawahiri?

AS menyebut Zawahiri sebagai seorang pemimpin teroris kelahiran Mesir. Ia mengambil alih sebagai kepala al-Qaeda setelah kematian Osama bin Laden.

Orang Amerika mengenalnya sebagai pemimpin Nomor 2 al-Qaeda, wakil Osama bin Laden yang berkacamata dan berjanggut lebat. Zawahiri, 71, tewas dalam serangan pesawat tak berawak CIA di Kabul akhir pekan ini, Sabtu.

Dalam pidatonya, dilansir dari Washington Post, Selasa (2/8), Presiden Biden mengonfirmasi kematian itu dan menyebut serangan itu sebagai serangan presisi yang tidak menyebabkan korban sipil. Zawahiri telah memimpin kelompok militannya sendiri.

Ketika dia secara resmi menggabungkan kelompoknya dengan al-Qaeda pada 1990-an, dia membawa taktik tersebut serta visi yang diperluas untuk menyerang Barat.

Dalam serangan 11 September, dia disebut membantu merencanakan serangan 11 September 2001 di World Trade Center dan Pentagon. Meskipun tidak memiliki karisma pribadi bin Laden, Zawahiri menjadi kekuatan intelektual di balik banyak ambisi terbesar al-Qaeda.

Pada tahun-tahun terakhirnya, Zawahiri memimpin al-Qaeda. Belakangan ini ia dikabarkan dalam kesehatan yang buruk.

“Zawahiri adalah ideolog al-Qaeda, seorang pemikir yang lebih kuat daripada seorang yang bertindak,” kata mantan ahli kontraterorisme CIA dan penasihat empat presiden AS, Bruce Riedel.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan