Solusi Banjir di Jakarta, Mahasiswa ITB Ciptakan Desain Perumahan Terapung

  • Bagikan
Mahasiswa Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Isa Tsaqif menciptakan desain perumahan terapung tahan banjir yang lengkap dengan segala fasilitasnya sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan banjir di DKI Jakarta. ANTARA/HO-Humas ITB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Banjir masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Jakarta. Pasalnya, Ibu Kota Indonesia itu kerap kali dilanda banjir jika musim hujan tiba.

Berbagai solusi baik dari pemerintah dan swasta pun telah diupayakan agar Jakarta tak lagi kebanjiran. Kali ini, solusi datang dari mahasiswa Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Isa Tsaqif yang menciptakan desain perumahan terapung tahan banjir.

"Banyak bangunan apung yang sebenarnya sudah dibuat, namun selama ini bentuknya masih satuan. Dengan mencoba untuk merealisasikan konsep rumah padat penghuni apung yang lengkap dengan fasilitas penunjang yang juga dapat mengapung di kala banjir, saya berharap dapat memberikan kontribusi perkembangan ilmu arsitektur dan pembangunan ke depannya," kata Muhammad Isa Tsaqif dalam siaran pers Humas ITB, Selasa (2/8).

Dengan tajuk desain "Cilincing Flood Resilient Housing", Isa berhasil merealisasikan desain perumahan apung tahan banjir.

Isa menuturkan, sebagai warga asal Jakarta, dirinya kian menyadari ancaman yang menghantui wilayah metropolitan ini.

Hal itu Makin terdorong dengan isu tenggelamnya Jakarta di tahun 2050, Isa merasa masih kurangnya pengambilan langkah riil guna mencegah ataupun mengatasi krisis ini.

Dari premis ini, Isa memutuskan untuk berbalik dan mencari intisari masalah dan menemukan jawaban yang paling relevan.

Kesimpulannya, adalah dengan mencari cara untuk hidup beradaptasi dalam genangan air tersebut.

Berdasarkan penelitiannya, hampir seluruh kota di daerah pesisir sebenarnya berisiko kehilangan lahan tinggal karena perubahan iklim yang kian mengglobal. Dari kajian desain yang dibuatnya ini, ia ingin membuka pikiran masyarakat.

  • Bagikan