Kebiasaan Ini Bikin Laptop Cepat Rusak, Jangan Main di Kasur, Ini Alasannya

  • Bagikan
Tips agar laptop awet dan tahan lama

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Di era melek teknologi, semua orang sudah menggunakan berbagai alat canggih untuk mempermudah pekerjaan. Salah satu alat yang banyak digunakan adalah Laptop.

Pasalanya, laptop saat ini sudah memiliki banyak perangkat dan bisa digunakan oleh semua jenis kalangan umur. Mulai dari pelajar hingga pekerja, laptop dibutuhkan dalam menunjangn pembelajaran dan pekerjaan.

Karena laptop memiliki fungsi yang sangat penting, tentu perlu perawatan agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Berikut beberapa yang perlu diperhatikan ketika menggunakan laptop:

Bersihkan Laptop Secara Berkala

Hal yang sering dilakukan pengguna, dengan membiarkan laptop dalam keadaan kotor berlama-lama. Sebaiknya, pengguna laptop hindari kebiasan tersebut karena laptop tidak bisa tahan lama jika terlalu kotor. Lakukanlah pembersihan secara berkala.

Jangan Biarkan Daya Baterai Habis Total

Saat melakukan aktivitas berat seperti gaming, atau live streaming usahakan untuk langsung mencharge laptop saat baterainya masih di range 50%. Untuk pemakaian ringan paling minimum berada di angka 30%.

Jangan Gunakan Laptop di atas kasur

Memang nyaman rasanya menggunakan laptop di atas kasur. Namun perlu diperhatikan, bahwa menggunakan laptop diatas kasur menyebabkan panas dari laptop tidak keluar sempurna sehingga laptop mengalami overheat.

Gunakan alas permukaan yang datar. Hal ini sangat penting, saat laptop menyala otomatis piranti didalamnya akan berputar. Terlebih jika laptop dalam kondisi miring, dikhawatirkan piranti yang berputar dapat menggores komponen didekatnya. Hal tersebut sangat beresiko untuk laptop.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan