Konsumsi Buah Ini di Pagi Hari, Lebih Ampuh Bikin Melek Dibanding Secangkir Kopi

  • Bagikan
Ilustrasi Buah-buahan

FAJAR.CO.ID -- Kebanyakan orang mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari sebelum beraktivitas. Salah satu alasannya adalah untuk menghilangkan rasa kantuk. Namun, ada bahan pangan yang lebih efektif daripada kopi untuk mengilangkan kantuk.

Kafein dalam kopi memang berkhasiat memompa tekanan darah, kadar oksigen, suhu tubuh, pernapasan, dan aktivitas otak. Efek inilah yang membantu menghilangkan rasa kantuk.

Namun, kandungan kafein dalam kopi juga memiliki beberapa kekurangan. Kafein dapat memperburuk kadar keasaman, melarutkan mineral, dan menyebabkan sulit tidur, hingga kecanduan.

Melansir Thehealtsite.com, ada beberapa bahan pangan lain yang dapat menjadi alternatif pengganti kopi yang dapat dikonsumsi di pagi hari.

Apel besar yang mengkilap adalah alternatif yang lebih sehat untuk menghilangkan rasa kantuk. Khasiat pada apel juga tidak membuat ketagihan dibanding secangkir kafein yang dikonsumsi di pagi hari.

Apel merupakan salah satu buah yang paling bergizi yang banyak tersedia dan banyak dikonsumsi.

Dari jurnal nutrisi Boyer, J., & Liu, R. H. (2004). Apple phytochemicals and their health benefits, menyebutkan, buah apel mengandung berbagai fitokimia yang meliputi quercetin, catechin, phloridzin dan asam chollogenic yang memiliki sifat antioksidan kuat.

Konsumsi buah secara teratur telah diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, menurunkan oksidasi lipid dan menurunkan kolesterol. Makan apel dan nanas untuk endometriosis.

Lantas, seberapa baik pengaruhnya dibanding kopi dalam hal membuat Anda tetap terjaga? Tidak seperti kopi, apel tidak mengandung kafein yang merangsang tubuh Anda dan menangkal kelelahan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan