Dovizioso Pensiun dari MotoGP Setelah GP San Marino

  • Bagikan
Andrea Dovizioso / Instagram

FAJAR.CO.ID, SAN MARINO—Yamaha Motor Co., Ltd. mengkonfirmasi keputusan bintang MotoGP Andrea Dovizioso untuk pensiun dari motoGP setelah 20 tahun berkarier. Rider Italia itu akan pensiun setelah balapan di San Marino.

Keputusan ini diambil Dovi tepat satu tahun setelah bergabung dengan program MotoGP Yamaha. Kabar ini cukup mengejutkan lantaran Dovizioso awalnya berencana untuk tetap bersama Tim WithU Yamaha RNF untuk seluruh musim MotoGP 2022.

Selain itu, Dovizioso yang mengendarai YZR-M1 spesifikasi pabrik menerima dukungan penuh dari Yamaha Motor Co., Ltd. Akan tetapi, ia ternyata memutuskan untuk mengakhiri kariernya di balapan kandangnya di Misano.

Pembalap penguji resmi Yamaha Cal Crutchlow akan menjadi rider pengganti Tim WithU Yamaha RNF MotoGP untuk enam balapan tersisa musim 2022 ini.

“Dalam beberapa tahun terakhir MotoGP telah sangat berubah. Situasinya sangat berbeda. Saya tidak pernah merasa nyaman dengan motornya, dan saya belum dapat memaksimalkan potensinya meskipun ada bantuan berharga dan berkelanjutan dari seluruh tim Yamaha,” katanya dikutip dari situs Yamaha Racing.

Untuk semua dukungan yang ia terima, Dovi berterima kasih kepada Yamaha, RNF Racing Team, WithU, dan sponsor. “Petualangan saya akan berakhir di Misano, tapi hubungan dengan semua orang yang terlibat dalam tantangan ini akan tetap utuh selamanya. Terima kasih semuanya,” jelasnya.

Direktur Pelaksana, Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis mengatakan Dovi akan selalu dirindukan. “Saya ingin memulai dengan mengatakan bahwa, tentu saja, kita semua sedih karena Andrea akan meninggalkan olahraga lebih awal dari yang diharapkan. Dia adalah nama besar di MotoGP, dan dia akan dirindukan di paddock,” ujarnya. (amr)

  • Bagikan