Senator ART Minta Usut Dugaan Tambang Ilegal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Kegiatan tambang ilegal yang masih marak memantik keprihatinan masyarakat. Salah satunya pengerukan pasir pantai di Desa Teku, Kecamatan Balantak Utara, Kabupaten Luwuk, Sulawesi Tengah.

Senator Abdul Rachman Thaha (ART) menyampaikan keprihatinan atas kondisi tersebut. Ia mendapat informasi dan pengaduan masyarakat berdasarkan bukti-bukti saat aktivitas pengerukan pasir di lokasi tersebut. "Dimana desa tersebut pernah saya kunjungi saat kampanye dan reses, di daerah itu ada destinasi parawisata yang sangat berpotensi bisa dijadikan tempat wisata," kata ART.

Karenanya ia mengecam tindakan tambang yang terindikasi ilegal ini. Perusahaan pelaku tambang justru memberikan dampak yang sangat merugikan pendapatan daerah apalagi dampaknya bisa merusak destinasi parawisata. ART memiliki bukti adanya pembangunan jetty dan memakai kapal tongkang yang punya kapasitas luar biasa memuat pasir.

Menurutnya harus ada prosedur yang dipenuhi untuk menambang pasir laut. Bila ada yang membackingi kegiatan ini, pihaknya meminta diusut tuntas dan menindak sesuai aturan yang ada. "Saya selalu mengingatkan kepada pengusaha dari luar, kami tidak anti investor, kami tidak anti investasi, jika mau berusaha di daerah kami silahkan tapi harus sesuai aturan yang ada sehingga daerah kami mendapatkan pendapatan dan masyarakat sejahtera," bebernya. (nsrn)

  • Bagikan