6 Survival Kit yang Wajib Dibawa saat Mendaki Gunung, Jangan Sampai Lupa!

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Belakangan ini, mendaki gunung kembali menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh orang-orang, terutama mereka yang hobi dengan petualangan. Terlebih, kini semakin banyak gunung di Indonesia yang sudah membuka jalur pendakiannya, setelah sempat ditutup akibat pandemi COVID-19.

Apalagi, 17 Agustus kian dekat, yang berarti banyak orang akan mendaki gunung untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia. Namun, tak hanya sekadar mendaki, ada banyak persiapan yang harus dilakukan para pendaki ketika memutuskan untuk "muncak", salah satunya adalah membawa survival kit.

Ya, sesuai namanya, survival kit merupakan sejumlah peralatan dan perlengkapan dasar yang perlu Anda persiapkan untuk menghadapi keadaan darurat saat mendaki. Hal ini sangat penting agar Anda bisa mengatasi keadaan darurat dan membantu bertahan dalam kondisi apapun.

Terlebih jika Anda baru pertama kali mendaki gunung dan belum mengetahui medan jalan yang akan dilalui, survival kit menjadi barang wajib yang selalu harus ada di dalam tas Anda. Nah, jika Anda tengah bersiap untuk mendaki gunung dalam waktu dekat dan bingung menentukan barang apa yang akan masuk ke dalam survival kit, berikut rekomendasinya.

1.   Peralatan Navigasi

Barang pertama yang wajib Anda bawa sebagai survival kit saat mendaki gunung adalah kompas. Kompas merupakan alat untuk menunjukkan arah yang berguna saat Anda sedang dalam perjalanan mendaki gunung.

Sebab, biasanya para pendaki, terutama mereka yang baru pertama kali mendaki gunung akan kebingungan dengan arah saat melakukan perjalanan mendaki. Apalagi jika penunjuk jalan yang dipasang sepanjang jalur tidak jelas, kompas bisa menjadi penyelamat untuk mengetahui arah yang tepat.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan