Elite PPP Ini Sebut Jokowi Sudah Indikasikan Dukungan ke Ganjar dan Prabowo

  • Bagikan
Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. (Int)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan mengingatkan relawannya agar tidak terburu-buru menentukan bakal calon untuk Pemilihan Presiden 2024.

Namun Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengklaim bahwa Jokowi sedang bermanuver edorsment Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menilai, Jokowi mempromosi Ganjar dari caranya menyampaikan ke relawan bahwah 'ojo kesusu'.

"Beliau (Jokowi) menyampaikan ojo kesusu-kan, tapi dari bahasa tubuh ada juga. Seperti katakanlah Pak Ganjar. Itu kami baca sebagai sebuah endorsement," katanya dalam keterangan dikutip Sabtu 6 Agustus 2022.

Selain itu, kebersamaan Jokowi dan Prabowo dalam beberapa kesempatan, dinilai sebagai bentuk dukungan atau endorsment untuk Prabowo di pilpres 2024.

"Pak Prabowo yang kami lihat itu juga terlihat dalam sejumlah kegiatan bersama Pak Jokowi," kata dia.

Adapun PPP saat ini tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB bersama-sama dengan Partai Golkar dan PAN. KIB sampai saat ini belum memiliki calon presiden (capres) untuk diusung di pertarungan 2024 nanti.

Arsul mengatakan capres dari KIB nantinya bakal dikomunikasikan kepada Presiden Jokowi. Menurutnya itu merupakan realitas politik yang tak bisa dihindari.

"Siapapun kalau nanti sudah terkerucutkan misalnya KIB itu ke siapa, pasti juga paling tidak secara informal akan dikomunikasikan ke Pak Jokowi itu dari realitas politik tidak bisa terhindarkan," kata Arsul.

Sebelumnya, Jokowi dalam sambutannya di acara Rakernas V Projo (relawan Pro Jokowi) memberikan arahan kepada Projo untuk bersabar.

  • Bagikan