Mengukur Peluang Mayjen TNI Andi Muhammad di Pilgub Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Nama Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad santer dikabarkan bakal maju pada Pilgub 2024 mendatang.

Pasalnya, sejumlah atribut ruang publik Andi Muhammad sudah tampak di beberapa lokasi.

Pengamat politik Ras Md menilai, ramainya atribut ruang publik mengisyaratkan jika Andi Muhammad melirik pilgub sulsel 2024 mendatang.

"Ya, jika kita amati volume ruang publik Andi Muhammad cukup ramai bertebaran di mana-mana. Walaupun pesan ruang publiknya masih normatif, tampil dengan kapasitas Pangdam XIV Hasanuddin, menyertakan isu besar "Panglimata Dicintai Rakyat". Namun bacaan ruang publik mempertegas jika sang Pangdam punya "niatan politik" masuk kepentas pilgub mendatang," kata Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia itu, Sabtu (6/8/2022).

Apalagi, lanjut Ras, Andi Muhammad sudah diberi signal positif oleh ketua DPW PKS di Rujab Pangdam beberapa bulan lalu mengenai agenda Pilgub pasca tugasnya nanti.

"Hasrat politik yang dimunculkan oleh Andi Muhammad menatap pilgub sulsel mendatang adalah hal yang sah-sah saja. Namun, Andi Muhammad sebagai Pangdam XIV Hasanuddin mesti lebih berhati-hati. Karena pak Andi terikat secara institusi kemiliteran. Ada regulasi yang membatasi seorang TNI untuk tidak masuk dalam kancah politik praktis. Kecuali beliau sudah pensiun nantinya," ujarnya.

Mengenai peluang Andi Muhammad jika benar masuk ke pentas Pilgub 2024, Ras MD menjelaskan bahwa, itu bukanlah perkara mudah.

"Ada banyak kalkulasi politik yang mesti diukur secara objektif. Faktor-faktor keterpilihan yang mesti dipenuhi oleh seorang figur. Apalagi jika figur tersebut berkeinginan tampil sebagai figur utama," jelasnya.

  • Bagikan