Menjaga Minat Baca di Tengah Kesibukan, Ini Buku yang Bisa Kamu Tamatkan dengan Sekali Duduk

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Apa pun aktivitas Anda, jadwal harian yang padat tentunya membuat lelah. Ketika mendapat waktu senggang, kebanyakan orang akan memanfaatkannya untuk tidur atau rebahan.

Tidak ada yang keliru apalagi salah terkait hal itu. Data dari The World’s Most Literate Nations menyebutkan, Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara terkait minat baca. Tentu saja penelitian ini menuai pro dan kontra.

Misalnya tanggapan dari Gol A Gong, penulis sekaligus duta baca Indonesia. Menurutnya, minat baca Indonesia sebenarnya tinggi, namun kendala sulitnya akses buku dan distribusi buku yang tidak merata membuat literasi belum meningkat.

Selain karena akses terhadap buku yang belum merata, kadangkala minat baca menurun bahkan hilang karena tidak bisa meluangkan waktu untuk membaca.

Pada titik ini, memilih buku bacaan yang menarik adalah hal yang tepat. Namun tentu saja itu tidak cukup, buku yang tebal kerap malah membuat bosan lebih dulu sebelum membaca.

Niat awal membaca buku untuk mencari hiburan dan merawat minat baca, malah menjadi hal melelahkan dan membosankan.

Maka tidak jarang pada fase ini seseorang tidak mau lagi membaca buku.

Berikut daftar buku yang bisa kamu baca di tengah kepadatan rutinitas harianmu. Bukan hanya menghibur, tetapi perlu:

  1. Animal Farm

Buku yang hanya setebal 144 halaman ini ditulis George Orwell. Sebuah novel yang merupakan alegori politik pada masa Perang Dunia II. Tipis tetapi bergizi.

  1. Rumah Kertas

Kalau ada buku yang bisa dibaca berulang-ulang dan tidak membosankan, maka Rumah Kertas inilah bukunya. Pembaca akan dibawa pada tragedi hidup Carlos Brauer. Seseorang yang sangat mencintai buku.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan