Orang Tua Bharada E Sering Tanyakan Kabar Anaknya, Pengacara Bilang Mentalnya Tak Siap Dipenjara

  • Bagikan
Bharada E atau Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu memakai pakaian hitam ke Komnas HAM

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ditetapkannya Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E sebagai tersangka dalam kasus dugaan pembunuhan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J menjadi pukulan telak bagi keluarga.

Sang orang tua di Manado, Sulawesi Utara kerap menanyakan kondisi Bharade E kepada tim pengacara.

“Semalam dia (orang tua) tanya bagaimana kabar anak saya, saya bilang baik-baik saja, jaga diri, saya bilang saya doakan bapak ibu sekeluarga sehat-sehat dan kuat menjalani ini,” kata Pengacara Bharada E, Andreas Nahot Silitonga saat dihubungi, Sabtu (6/8).

Sementara itu, kata Andreas, kondisi Bharada E juga terguncang mentalnya. Sebab, dia merasa hanya membela diri dari serangan Brigadir J namun ditetapkan sebagai tersangka.

“Saya enggak tanya, ‘gimana mental mu? Saya menilai dia sebenarnya kondisi mentalnya ya tidak siap (dipenjara),” imbuh Andreas.

Sebelumnya, Penyidik Bareskrim Polri resmi menetapkan Bharada Richard Eliezer alias Bharada E sebagai tersangka tewasnya Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Dia diketahui sebagai penembak langsung Brigadir J.

“Penyidik sudah melakukan gelar perkara dan pemeriksaan saksi sudah kita anggap cukup untuk menetapkan Bharada E sebagai tersangka,” kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (3/8).

Andi menuturkan, Bharada E disangkakan melanggar Pasal 338 Juncto Pasal 55 dan Pasal 56 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Dalam kasus ini penyidik telah memeriksa 42 saksi termasuk beberapa saksi ahli.

Penyidik juga telah melakukan uji balistik, termasuk telah menyita sejumlah barang bukti. Seperti alat komunikasi, CCTV, dan lainnya.
“Dari hasil penyidikan tersebut pada malam ini penyidik sudah melakukan gelar perkara, dan pemeriksaan saksi juga sudah kita anggap cukup,” jelas Andi.(jpc/fajar)

  • Bagikan