Permintaan Ma’ruf Amin ke MUI

  • Bagikan
Wapres Ma'ruf Amin saat peringatan Waisak 2566 BE.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin mengatakan, meminta MUI membangun Pusat Dakwah Islam. Tujuannya adalah mengembangkan Islam moderat di Indonesia.

Ma’ruf mengatakan permintaan tersebut supaya segera dijalankan. ’’Dalam membangun Pusat Dakwah Islam itu, menyatu antara MUI, ormas-ormas, dan instansi pemerintahan,’’ kata Ma’ruf dalam keterangannya Sabtu (6/8).

Ormas Islam yang dilibatkan mulai dari Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), dan lainnya.

Mantan Ketua Umum MUI itu menuturkan dengan adanya Pusat Dakwah Islam itu, diharapkan penyebaran pemahaman Islam moderat bisa lebih terorganisir. Sehingga upaya pemahaman Islam moderat atau wasathiyah bisa mencapai sasaran bersama-sama.

’’(Sekaligus) Dalam rangka kita kontra radikalisme terorisme,’’ tuturnya. Selain itu upaya rehabilitasi atau deradikalisasi untuk pemahaman radikalisme terorisme tetap harus terus dijalankan. Ma’ruf berharap penyebaran pemahaman Islam moderat dilakukan dengan melibatkan semua jejaring yang ada.

Pesan tersebut juga disampaikan Ma’ruf usai menghadiri Dialog Publik bertajuk ASpek Kemanusiaan dalam Peradaban Islam yang digelar Majelis Hukama Muslimin (MHM) di Jakarta pada Jumat (6/8). Pada kesempatan itu Ma’ruf menekankan bahwa Islam memiliki semangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

’’Sehingga Islam sejak awal kedatangannya telah menjelma sebagai peradaban,’’ tuturnya. Ma’ruf menambahkan, bahkan di dalam ajaran Islam, umat manusia memiliki kedudukan yang sangat tinggi. Yaitu sebagai khalifah atau pemimpin di muka bumi selama memiliki perilaku baik dan melahirkan hal-hal positif untuk membangun peradaban.

  • Bagikan