Roy Suryo Dijebloskan ke Penjara, Polda Metro Jaya: Dikhawatirkan Hilangkan Barang Bukti

  • Bagikan
Roy Suryo ketawa ketiwi (Tangkapan layar Twitter @muannas-alaidid)--

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga Roy Suryo ditahan Polda Metro Jaya setelah mengunggah meme yang menyeretnya sebagai tersangka kasus ujaran kebencian.

Sebelum ditahan, Polda Metro Jaya melakukan pemeriksaan kepada mantan menteri kabinet Susilo Bambang Yudhoyono ini selama 8 jam.

Roy Suryo diduga mengunggah meme stupa candi borobudur dengan editan bagian wajahnya menyerupai wajah Presiden RI Joko Widodo.

"Penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap saudara Roy Suryo sebagai tersangka kasus ujaran kebencian, ini mulai malam ini dilakukan penahanan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (5/8/2022).

Penahanan Roy dilakukan selama 20 hari di hutan Rutan Poda Metro Jaya.

"Penahanan ini dilakukan karena dikhawatirkan tersangka akan menghilangkan barang bukti jika tetap dibiarkan bebas," kata Zulpan.

Ia ditetapkan sebagai tersangka sejak 22 Juli 2022, dan sebelumnya telah diperiksa pada 28 Juli. Namun tidak ditahan karena dianggap kooperatif.

Penyidik menjerat Roy Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentag Informasi dan Transaksi Elektronik pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45.

Selain itu dijerat dengan Pasal 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penodaan Agama dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946.(Arya/Fajar)

  • Bagikan