Pangkas Risiko Serangan Jantung dan Stroke dengan 6 Langkah Menurunkan Kolesterol Tinggi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Menurut data, salah satu pertanyaan yang paling sering ditanya oleh orang Indonesia di mesin pencarian, adalah bagaimana menurunkan kolesterol tinggi.

Perlu diketahui, kolesterol tinggi adalah salah satu pemicu terjadinya serangan jantung dan stroke.

Mengendalikan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah, adalah penting untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Dan jika bicara tentang cara menurunkan kolesterol tinggi, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Berikut ini cara menurunkan tinggi seperti yang disarankan ahli melalui Aldokter :

1. Perbanyak makan sayur dan buah seperti brokoli, wortel, lobak, pir, alpukat dan lainnya.

2. Makan Makanan kaya akan omega-3 seperti ikan salmon, tuna sarden, makarel kacang kenari dan lainnya.

3. makanan berlemak atau makanan yang dimasak dengan cara digoreng.

4. Olahraga secara teratur untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

5. Berhenti merokok.

6. Menjaga berat badan sehat.

Kenali Bahaya Kolesterol Tinggi

Ya, memang kolesterol tinggi itu tidak langsung melihat, akan tetapikomplikasi yang disebabkan oleh kolesterol tinggi inilah yang harus diwasapai.

Mengapa demikian, ketika kolesterol yang memiliki bentuk seperti lilin itu menumpuk di dinding arteri, ditambah dengan zat lainnya, akan menyebabkan hambatan pada aliaran di pembuluh darah.

Hambatan ini lah menurut ahli, melalui Mayo Clinic, yang nantinya akan mereka rasakan dengan masalah kolesterol tinggi.

Efek dari komplikasi yang dimaksud ahli di sini, adalah seperti nyeri pada dada atau angina, hingga penyakit jantung koroner.

Adapun mengapa kolsterol tinggi disebut mengancam nyawa, karena kemampuannya untuk meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke di kemudian hari.

Anda salah satu yang malas meminum obat kolesterol tinggi, dan tidak aktif secara fisik, Anda mungkin ingin berpikir lebih banyak lagi setelah ini.
Pintar-pintar Memilih Makan

Menurut pakar gaya hidup sehat ala Islam, dr. Zaidul Akbar, ada syarat yang juga perlu diperhatikan orang dalam mengontrol kadar kolesterol daram darahnya.

Salah satunya menurut jurus Sehat Rasulullah itu, yakni pintar-pintar dalam memilih makanan.

Salah satunya menghindari makanan bersantan, apalagi makanan santan yang berulang kali.

Selain itu, mereka dengan rekomendasi tinggi disarankan mempraktekan 8+3+B.

"8 itu puasa Senin-Kamis, 2x4 = 8 (dalam sebulan). 3-nya itu puasa Ayyamul Bidh dan B-nya adalah berbekam," tulisnya melalui YouTube. (FIN)

  • Bagikan