Anak Buah Megawati Setuju Jokowi Tiga Periode, Asal Bisa Tuntaskan Hal Ini

  • Bagikan
Effendi Simbolon bersama Presiden Jokowi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Politikus PDI-Perjuangan, Effendi Simbolon setuju dengan wacana perpanjang masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, Jokowi memiliki komitmen untuk memajukan Indonesia yang membuatnya layak untuk menjabat sebagai Presiden lebih lama lagi.

"Kalaupun mau ditambah tiga tahun pun buat saya ya monggo saja, sepanjang beliau menuntaskan kemantapan, kemapanan ideologi itu," ujar Effendi dikutip Senin 8 Agustus 2022.

Effendi menyampaikan hal tersebut dalam sebuah diskusi yang digelar oleh Total Politik pada Ahad 7 Agustus 2022. Dia menyebut bahwa legitimasi perpanjang masa jabatan itu tak masalah.

"Soekarno juga lebih dua periode, Soeharto lebih dari dua periode. Kalau kurang dari satu periode, 5 tahun, boleh. Perpanjangan juga saya kira bukan hal yang dilarang, " kata anak buah Megawati Soekarnoputri itu.

Effendi mengatakan, perpanjangan masa jabatan Jokowi bisa terwujud dengan dukungan 9 fraksi di DPR.

"Sepanjang kita sembilan fraksi masuk serumah bersama DPD, kota satu ruangan di sidang umum, kita ubah asalkan jujur ya, jangan karena ini pandemi, karena ini, enggak. Ya terus terang Pak Jokowi punya komitmen demi tegaknya bangsa ini. Kalau tegaknya demi ini, demi itu ya Tuhan pasti dengar lah," pungkasnya.

Senada dengan pengamat Politik M Qodari mengatakan, Jokowi bukan saja harus menambah 3 tahun, tetapi harus menanbah jabatan 3 periode.

Dengan catatan, partai-partai sepakat untuk melakukan amandemen UUD 1945.

"Kalau bisa diamandemen, ngapain tiga tahun? tiga periode aja. Perpanjangan masa jabatan itu kan mekanismenya seperti apa. Kalau rakyat lagi yang memilih, ngapain tiga tahun," kata Qodari.

  • Bagikan