Anies Bangga Ucapannya Diabadikan dalam Buku ‘Jangan Remehkan Kata-kata’

  • Bagikan

Seperti kata “Setahun mengajar, seumur hidup menginspirasi”, menurut Anies, kata-kata itu terucap ketika presentasi menawarkan Program Indonesia Mengajar di kampus Universitas Airlangga Surabaya. Seusai presentasi, Hikmat Hardono, saat ini memimpin Yayasan Indonesia Mengajar, mengingatkan Anies bahwa kata-kata itu menarik.

Maka jadilah tagline Indonesia Mengajar, hingga saat ini. Gagasan Indonesia mengajar ini kemudian menggerakkan ribuan putra-putri terbaik untuk mendaftar dan terlibat mengajar di pelosok selama 1 tahun.

“Begitu pula dalam suatu perbincangan, Mas Aman juga tahu itu, saya ingin kalau kota itu maju, maka jangan sampai warganya tertinggal. Maju kotanya, bahagia warganya. Lalu Kang Eep bilang, eh, itu kayanya bagus tuh, maka jadilah tagline saat di Jakarta. Jadi kata-kata itu spontan saja,” kata Anies mencontohkan, yang saat ini kemudian diwujudkannya dengan mengajak semua terlibat dalam kolaborasi membangun Jakarta, sekaligus bagaimana membuat warganya bahagia.

Meski begitu menurut Anies bila kata-kata itu dituliskan, seperti di twiter itu memang disusun dan dipikirkan saat menuliskan. Namun umumnya kata-kata yang kemudian disebut sebagai menggerakkan itu muncul dari perbincangan, diskusi dan dari banyak mendengarkan dalam interaksi.

Agenda tahunan Islamic Book Fair 2022, di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, ini kembali diselenggarakan 3-7 Agustus 2022, setelah tahun lalu ditiadakan karena pandemi Covid-19. Total jumlah pengunjung sepanjang pameran tercatat mencapai ratusan ribu orang. (*)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan