Banjir Bandang Landa Korea Selatan, Tewaskan Anak-anak hingga Lansia

  • Bagikan
Banjir bandang di Korsel.

FAJAR.CO.ID -- Banjir Bandang melanda Seoul, Korea Selatan, pada Senin (8/8/2022) malam. Penyebab utamanya adalah terjadi hujan deras selama beberapa waktu sejak siang harinya. Sebagian besar daerah di ibu kota Korea Selatan tersebut terendam banjir.

Dilansir dari The Herald Korea, ini adalah hujan terlebat yang melanda daerah Seoul dalam kurun waktu 115 tahun. Akibatnya ratusan orang diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Terjadi kerusakan infrastruktur. Badan Meteorologi Korea Selatan menyatakan bahwa curah hujan lebat akan berlangsung hingga Jumat.

Dilaporkan terdapat korban tewas di daerah Gwanak-gu. Korban tewas terdiri dari tiga anak berusia 13 tahun, dua orang dewasa usia 40-an karena terjebak dalam basement. Ada juga lansia yang merupakan pegawai distrik berusia 60-an diduga karena sengatan listrik.

Di daerah lainnya yakni di Dongjak-gu juga ditemukan satu korban tewas karena terjebak di dalam rumahnya ketika banjir melanda. Korban lain ditemukan di provinsi Gwangju akibat halte bus runtuh di tempat tersebut. lalu ada juga yang ditemukan di pinggir jalan karena terkena longsor.

Daerah Hwaseong juga mengalami longsor akibat curah hujan deras yang mengakibatkan seorang tewas karena longsoran pada pukul 4:27 pagi waktu setempat.

Akses kereta di hentikan di seluruh kota karena terendam genangan. Beberapa foto keadaan di Seoul dan sekitarnya dibagikan warga dalam jejaring media sosial.

“Banjir di Korea selatan tepatnya di gangnam seoul parah bgt banyak kendaraan hanyut dan stasiun di sana hampir habis tenggelam,” tulis akun @convomf di Twitter. (Elva/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan