Kadang Disepelekan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rambut Rontok

  • Bagikan
Ilustrasi rambut rontok

FAJAR.CO.ID-- Anda mungkin kadang menemukan rambut rontok yang jatuh di seluruh bagian kamar. Ada banyak hal yang menjadikan rambut seseorang mudah rontok. Misalnya saja dari kebiasaan-kebiasan kecil yang nyatanya sangat berdampak pada kadar kerontokan.

Dr. Clarin Hayes menyatakan bahwa ada beberapa kebiasaan yang bisa memperparah rambut rontok. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

  1. Mencuci Rambut Menggunakan Air Hangat

Hal pertama yang biasa disepelekan adalah saat Anda mandi dengan air hangat. Mandi air hangat memang suatu hal yang dapat menenangkan, namun tidak bagi rambut. Kebiasaan mencuci rambut dengan air hangat nyatanya bisa menyebabkan rambut rontok.

Ini karena air hangat dapat menjadikan rambut menjadi lebih kering hingga rapuh. Akibatnya bisa rontok dan patah dengan mudah. jadi, ada baiknya jika Anda mencuci rambut dengan air biasa saja.

  1. Terlalu Sering Terpapar Bahan Kimia

Tentu Anda akan menata rambut agar terlihat lebih menarik. Banyak yang menggunakan produk kimia untuk mendapatkan hasil penataan yang lebih baik. namun, tahukah Anda rambut bisa rontok dan rusak jika sering terpapar bahan kimia.

Misalnya saja menggunakan produk yang memiliki kandungan alkohol, bisa menyebabkan rambut menjadi kering. Penggunaan hair spray hingga cat rambut bisa jadi penyebab terjadinya kerusakan pada rambut. Jadi, ada baiknya jika digunakan sewajarnya saja atau disertai dengan pemberian vitamin.

  1. Penanganan Rambut Basah

Rambut basah menyebabkan lapisan kutikula akan sedikit terangkat. Ini kemudian menjadikan rambut lebih rentan patah. Anda mungkin sering mengalami pada saat menyisir pada saat masih basah tentu akan menjadikan rambut menjadi rontok.

  • Bagikan