Ahli Biokomia Bruce M Alberts Kantongi Gelar DR HC ke 17, Terakhir dari Unhas Makassar

  • Bagikan
Rektor Unhas Prof Jamaluddin saat menyampaikan pidatonya pada penganugerahan Doctor Honoris Causa kepada DR Bruce Michael Albert. (Arya/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Ahli biokimia terekemuka University of California, San Francusco, Amerika Serikat (AS) Bruce Michael Alberts kembali dianugrahi Doctor Honorus Causa (DR HC).

Penganugerahan DR HC yang diberikan oleh Universitas Hasanuddin ini, adalah yang ke 17 bagi Alberts. Sebelumnya, 16 DR HC telah diterima Alberts dari berbagai universitas ternama di dunia.

“Sebenarnya beliau tidak perlu penghargaan lagi, tapi kami merasa Unhas perlu dan layak memberi beliau,” tutur Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa, dalam Konferensi Pers di Unhas, Rabu (10/8/2022).

Selain DR HC, Albert juga telah dianugerahi Comander of the Order of the British Empire (CBE), penghargaan tertinggi dari Kerajaan Ingris, juga Natuonal Medal of Science (2014) oleh Presiden Barack Obama.

Prof Jamaluddin bilang, Dr Bruce sudah sering dimintai oleh beberapa Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia dan dunia untuk penganugerahan DR HC. Namun begitu, Bruce selalu selektif.

“Kita beruntung beliau mau di Unhas. Banyak yang minta. Tidak usah saya sebutkan PT apa saja.”

Guru besar biologi dan ekologi kelautan Unhas ini mengatakan, penghargaan ini bukan pintu untuk meminta beliau Bruce membantu unhas. Tapi sebagai bentuk penghargaan untuk ilmuwan itu.

“Jadi anggaplah ini Unhas mewakili Indonesia. Kami akan membuat rencana besar, dan meminta beliau untuk membantu. Dan jangan lupa secara gratis. Kami tidak punya hubungan. Tapi beliau terus mau membantu,” ucapnya.

Secara pribadi, Prof Jamaluddin mengaku benar-benar mengapresiasi Bruce. Menurutnya Bruce tidak punya kepentingan selain meliat Indonesia maju.

  • Bagikan