Mengenal Sindrom Ramsay Hunt, Penyakit yang Diderita Justin Bieber

  • Bagikan
Justin Bieber

FAJAR.CO.ID-- Beberapa waktu lalu tepatnya pada Jumat (6/6/2022) penyanyi top dunia Justin Bieber mengumumkan pembatalan konser. Ini disampaikan langsung oleh Justin dalam akun Instagram resminya. Alasan pembatalannya karena ia mengalami kelumpuhan pada sebagian wajahnya.

Diketahui Justin menderita suatu penyakit yang dinamakan Ramsay Hunt seperti yang disampaikannya dalam video tersebut.

“Halo semuanya ini Justin. Aku terkena sebuah sindrom yang namanya sindrom Ramsay Hunt”. Kata Justin.

Menurut dr. Farhan M, penyakit ini adalah lanjutan dari penyakit cacar air atau Varicella. Virus yang menyebabkan cacar air yang disebut dengan Varicella Zoster Virus. Pada saat sembuh dari cacar air, virus ini tetap ada di dalam tubuh dan menetap di bagian sel saraf.

Virus ini bisa aktif kembali dan akan menyebabkan penyakit Herpes Zoster yang bisa muncul dibagian tubuh seperti perut, bokong, kaki hingga wajah.

Pada saat ia aktif di bagian wajah dan mengenai sel saraf fasialis dan saraf vestibulokoklear maka akan disebut sebagai Herpes Zoster Otikus atau Sindrom Ramsay Hunt. Hal tersebut bisa membuat wajah lumpuh sebelah seperti yang dialami oleh penyanyi Justin Bieber.

Selain kelumpuhan juga bisa menyebabkan vertigo, susah tutup mata, gangguan pendengaran dan terdapat ruam di bagian dekat dengan telinga.

dr. Farhan mengatakan bahwa untuk mencegah virus ini aktif kembali bisa dengan melakukan vaksin Varicella. Namun, ini tidak menjamin 100 persen Anda tidak bisa terkena penyakit cacar air.

Jika gejala cacar air mulai menyerang Anda, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter agar tidak terjadi kerusakan yang lebih buruk dalam tubuh misal pada bagian wajah, saraf hingga mata.

  • Bagikan