Segera Diluncurkan, Boneka Shaun The Sheep Ikut Misi Artemis 1 ke Bulan

  • Bagikan
Boneka karakter Shaun the Sheep bakal dibawa ke bulan dalam misi Artemis 1 (Switzerland Detail Zero)

FAJAR.CO.ID-- NASA menargetkan bakal memulai peluncuran misi Artemis 1 ke bulan setelah uji pengisian bahan bakar roket SLS (Space Launch System) dilakukan pada 20 Juni 2022 lalu.

Lewat wawancara dengan Ars Technica, Jim Free, administrator asosiasi dengan program Pengembangan Sistem Eksplorasi NASA, pihaknya sedang mempersiapkan untuk peluncuran Artemis 1 pada 23 Agustus hingga 6 September.

Terkait dengan perkembangan misi tersebut ada yang unik. Laporan terbaru menyebut kalau NASA akan melakukan uji terbang ditemani boneka tokoh Shaun The Sheep ke bulan.

Pada Selasa (9/8), Badan Antariksa Eropa (ESA) mengumumkan bahwa Shaun akan bergabung dengan misi tak berawak.

Dengan pengumuman tersebut, karakter kartun domba ini secara teknis akan menjadi astronot ESA pertama yang berpartisipasi dalam program Artemis.

“Ini adalah waktu yang menyenangkan bagi Shaun dan bagi kami di ESA,” kata Direktur ESA untuk Eksplorasi Manusia dan Robot, David Parker dikutip dari Engadget.

Seperti sudah disinggung di atas, mengikuti tes pengisian bahan bakar roket SLS generasi berikutnya, NASA mengatakan Artemis 1 dapat diluncurkan paling lambat 23 Agustus.

Misi akan mengirim pesawat ruang angkasa Orion milik agensi tersebut serta Shaun si domba dan Komandan Moonikin Campos dalam perjalanan di luar bulan.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, kapsul akan kembali ke bumi setelah menghabiskan 39 hingga 42 hari di luar angkasa.

“Pesawat ruang angkasa itu akan terbang melintasi bulan, menggunakan gravitasi bulan untuk mendapatkan kecepatan dan mendorong dirinya sendiri 70.000 km di luar bulan, hampir setengah juta km dari bumi, lebih jauh dari yang pernah ditempuh manusia,” lanjut Parker.

  • Bagikan