Jangan Tahan Pipis Setelah Bercinta, Akibatnya Menakutkan!

  • Bagikan
Ilustrasi tahan kencing

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Salah satu hal yang harus dibiasakan perempuan usai bercinta adalah pipis. Gunanya, untuk mencegah infeksi saluran kencing (ISK).

Hal itu ditegaskan, Spesialis Kulit dan Kelamin RS TK II Pelamonia, dr Alwi A Mappiasse SpKK PhD, Senin, 8 Agustus. "Pipis bukan cara utama, tetapi hanya pencegah," katanya.

Seperti yang diketahui, salah satu faktor risiko infeksi saluran kemih (ISK) adalah saluran berbentuk tabung yang menghubungkan kandung kemih ke lubang uretra di mana urine keluar.

Bakteri kemudian dapat berpindah dari uretra ke kandung kemih, kemudian mengakibatkan ISK. Pipis ada baiknya dan dianjurkan karena anatomi tubuh perempuan berbeda dengan laki-laki.

Pada perempuan, letak vagina dan anus dengan uretra sangat berdekatan. Jaraknya hanya sekitar 5 sentimeter. Maka, bakteri dan kuman lebih cepat menyebar dan pindah dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya.

Sementara itu, pada laki-laki uretra dan kandung kemih lebih sulit dijangkau bakteri. Akan tetapi, bukan berarti pria tidak mungkin terserang infeksi saluran kencing.

Dokter Alwi menjelaskan, bahwa harus dipahami bahwa infeksi saluran kencing disebabkan oleh bakteri dari luar tubuh manusia. Bakteri bisa masuk ke dalam tubuh manusia, khususnya saluran kencing, lewat seks.

"Ini karena saat berhubungan seks, area vagina atau anus akan terpapar berbagai macam bakteri. Bakteri pun akan menjalar menuju uretra dan menyebabkan infeksi. Bakteri-bakteri tersebut sumbernya bisa dari macam-macam hal. Misalnya jari dan tangan," terangnya.

  • Bagikan