Motif Eksekusi Brigadir Joshua Tak Dibeber, Perasaan Dua Pihak Harus Dijaga

  • Bagikan
Irjen Ferdy Sambo Putri Candrawathi dan Brigadir Joshua Hutabarat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Tersangka penembakan Brigadir J telah ditetapkan sebabnyak 4 orang, termasuk Irjen Ferdy Sambo.

Meski demikian polisi hingga kini belum membeberkan motif dari kasus penembakan Brigadir J.

Diketahui penyidik tim khusus Polri telah menetapkan empat tersangka dalam kasus penembakan Brigadir J.

Mereka adalah Irjen Pol. Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu (Bharada E), Brigadir Kepala Ricky Rizal (Bripka RR) dan Kuat Maruf atau KM (asisten rumah tangga dan sopir Putri Candrawathi).

Keempat tersangka dijerat Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP tentang pembunuhan berencana, diancam hukuman mati, maksimal penjara seumur hidup atau 20 tahun.

Setelah menetapkan tersangka, polisi belum mengungkap motif penembakan Brigadir J ke publik.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan belum dibeberkannya motif penembakan terhadap Brigadir J demi menjaga perasaan kedua pihak, yiatu keluarga Brigadir J maupun Irjen Ferdy Sambo.

"Pak Kabareskrim sudah menyampaikan untuk motif ini, Pak Kabareskrim menyampaikan harus menjaga perasaan dua pihak, baik pihak dari Brigadir Yoshua maupun pihaknya dari saudara FS," ungkapnya, Kamis, 11 Agustus 2022.

Diungkapkannya, seperti yang dilontarkan Menko Polhukam Mahfud MD, bahwa motif kasus penembakan Brigadir J merupakan kasus yang sensitif.

Dia menilai tentu akan timbul pandangan berbeda-beda jika motifnya menjadi konsumsi publik.

"Pak Menko Polhukam sudah menyampaikan juga karena ini masalah sensitif, nanti akan dibuka di persidangan. Di persidangan silakan, kalau dikonsumsi ke publik nanti timbul image yang berbeda-beda," tuturnya.

  • Bagikan