Sering Badmood Tanpa Alasan? Tanda Kekurangan Serotonin, Ini Cara Menaikkan Kadarnya

  • Bagikan
Ilustrasi. (INT)

FAJAR.CO.ID -- Apakah Anda kadang secara tiba-tiba badmood? Ini tentu akan membuat pekerjaan atau kegiatan yang sedang dilakukan terganggu.

Bad mood adalah salah-satu gejala yang menyerang kesehatan mental. Diketahui, kesehatan mental dapat berpengaruh Pada kesehatan fisik. Sehingga, perlu dijaga agar tidak terjadi gangguan kesehatan lainnya.

Tahukah Anda, mengapa seseorang bisa tiba-tiba mengalami perubahan suasana hati? Menurut dr Felicia Siswanto ini karena Anda kekurangan hormon serotonin.

Serotonin merupakan suatu hormon yang berfungsi dalam mengelola suasana hati. Ini juga memiliki fungsi untuk cegah depresi.

Kadar ini bisa dinaikkan dengan konsumsi obat tertentu. Namun, dr. Felicia Siswanto memberikan penjelasan cara menaikkan kadar serotonin tanpa obat-obatan

  1. Makan Makanan Tinggi Triptofan

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan perbanyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan Triptofan tinggi.

Zat ini bisa Anda temukan pada tahu, keju, telur dan kacang-kacangan.

Tetapi, perlu diketahui bahwa efek dari makanan yang memiliki kandungan tritofan perlu dikonsumsi bersama makanan dengan kandungan karbohidrat.

  1. Olahraga

Kedua olahraga teratur bisa membuat suasana hati lebih baik. Sehingga, dapat menambah kadar Serotonin dalam tubuh.

Ada baiknya jika melakukan olahraga di luar ruangan untuk efek yang lebih terasa. Olahraga bisa memicu penambahan hormon Serotonin dalam darah.

Setelah itu, otak akan berperan untuk melakukan penyerapan zat ini. Anda bisa memilih olahraga seperti renang, sepeda, joging dan sebagainya.

  1. Berjemur Sinar Matahari Pagi

Cara terakhir adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Anda bisa berjemur kurang lebih 10 hingga 15 menit sehari.

  • Bagikan