Sirkuit Internasional Mandalika Tak Masuk Kalender Tes Pramusim MotoGP 2023, Zulkieflimansyah Bilang Minta Penonton Rendah

  • Bagikan
Ajang Balap MotoGP Mandalika

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Keputusan FIM, Dorna Sports, dan IRTA akhirnya tidak melibatkan Sirkuit Mandalika Lombok dalam kalender tes pramusim MotoGP 2023.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengaku tidak bermasalah dengan keputusan FIM daan Dorna Sports tersebut.

Zulkieflimansyah mengakui, untuk menggelar tes pramusim tidak mudah, karena membutuhkan biayanya yang tidak sedikit dan semua itu tidak gratis.

"Kenapa enggak masuk pramusim, karena biayanya mahal dan itu juga tidak gratis, kalau melihat pengalaman tes pramusim 2022," ujarnya, Kamis 11 Agustus 2022.

Menurut Zulkieflimansyah, berkaca pada saat tes pramusim MotoGP 2022 Februari lalu, minat masyarakat menonton rendah.

Sehingga, biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan pemasukan yang didapatkan.

"Tes pramusim ini kan jarang ada yang mau nonton. Jadi, karena tes pramusim ini berbiaya maka enggak sesuai antara pengeluaran dengan pemasukan dari penonton," ungkap Zulkieflimansyah.

Menurutnya, lembaga bisnis seperti PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pasti tidak akan pasti mau rugi.

Namun karena, Sirkuit Mandalika pada awal-awal menjadi sirkuit baru penyelenggara MotoGP maka tes pramusim harus dilakukan di tempat itu.

"Kalau awal-awal mungkin ada promosi. Tapi kalau tiap tahun rugi besar. Karena nanti ketika ditanya oleh pemegang saham bagaimana. Apalagi ITDC ini perusahaan publik dan negara," jelasnya.

"Kecuali kalau orang NTB dan Indonesia mau nonton pramusim. Tapi kemarin kan nggak ada yang mau nonton. Jadi, antara biaya yang dikeluarkan dengan pendapatan yang diperoleh maka relatif jauh lebih banyak pengeluaran," katanya.

  • Bagikan