Tanda Tanya Debut Lewandowski di La Liga

  • Bagikan
Lewandowski dan istrinya, Anna pada penganugerahan Ballon d'Or 2021/Reuters

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona akan menghadapi Rayo Vallecano di pekan pertama La Liga 2022/2023 akhir pekan ini. Namun, sejauh ini kepastian bahwa Robert Lewandowski akan bermain di partai pembuka musim itu masih tanda tanya.

Hal itu terjadi lantaran Raksasa Catalan belum mendaftarkan pemain-pemain anyarnya. Barca hingga petang kemarin belum lolos regulasi La Liga soal finansial fair play sehingga tidak bisa mendaftarkan Lewandowski dkk.

Barcelona sudah mendapatkan €667 juta dari penjualan dua paket hak siar televisi mereka yang mereka harapkan akan membantu mematuhi aturan fair play keuangan La Liga. Selain itu, mereka juga sudah mengumumkan penjualan 25% dari perusahaan produksi konten mereka, Barça Studios.

Klaim Barcelona, mereka telah mendapatkan total lebih dari €850 juta, termasuk dari kesepakatan sponsor baru dengan Spotify, pelepasan pemain, dan peningkatan pendapatan.

Namun, menurut audit liga, Barcelona hanya menerima €517 juta langsung dari investor Sixth Street untuk dua paket hak siar TV masing-masing 10% dan 15%. Menurut stasiun radio Spanyol Cadena Cope, sisa €150 juta dibayarkan oleh klub itu sendiri.

Operasi itu legal, sebagaimana dikonfirmasi oleh auditor klub Grant Thornton. Dan liga telah menghitung ulang keuntungan Barca dan memastikan bahwa €150 juta dari total angka yang dimaksud bukanlah pendapatan baru.

BILD sementara itu melaporkan bahwa di La Liga, setiap klub diperbolehkan mendaftarkan 25 pemain. Namun, Barça saat ini memiliki 33 pemain yang terikat kontrak. Barça diperkirakan memiliki kewajiban gaji sebesar €620 juta dan harus menghemat sekitar €30 juta agar sesuai dengan peraturan keuangan liga.

  • Bagikan