Top 3 Capres: Prabowo, Ganjar dan Anies, Siapa Jago?

  • Bagikan
Dibanding Anies dan Ganjar, Prabowo dianggap paling siap Nyapres

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Skema koalisi pilpres terus mencari bentuk. Simulasi sudah ada, namun belum ada garansi berlanjut.

Sebelumnya, koalisi Gerindra-PKB menunjukkan kekompakan saat mendaftar sebagai peserta pemilu di Kantor KPU RI, awal pekan ini. Terbaru, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) juga melakukannya.

Bedanya, di koalisi Gerindra-PKB ada figur kuat Prabowo Subianto. Sementara di KIB yang di dalamnya ada Golkar, PPP, dan PAN, nyaris belum ada figur yang memiliki elektabilitas sekuat Prabowo. Yang bisa mereka jual, masing-masing hanya ketua partai.

Airlangga dari Golkar, Zulkifli Hasan dari PAN, dan Suharso Monoarfa dari PPP. Kendalanya, di antara ketiga nama ini, populerkah untuk jadi capres?

Ancang-ancang koalisi lainnya adalah Nasdem-Demokrat. Ada figur Anies-AHY yang bisa jadi opsi capres-cawapres. Hanya saja, ini masih sangat cair.

Terakhir, PDIP yang bisa mengusung capres tanpa koalisi. Sejauh ini, partai berlambang banteng moncong putih itu belum memilih figur. Ada dua nama yang mencuat: Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

Analis politik Universitas Hasanuddin (Unhas) A Lukman Irwan menjelaskan konfigurasi partai yang punya kursi di DPR dan afiliasi politik yang selama ini sudah mulai terbentuk, bisa diprediksi maksimal ada tiga pasangan calon yang berkontestasi.

"Artinya, sudah mulai ada petak-petak koalisi walaupun masih cair di antara partai politik yang mulai saling menjajaki figur-figur yang akan diusung," jelas dosen Unhas ini, Rabu (10/8/2022).

Secara umum ini akan menjadi pertarungan yang sengit karena masing-masing figur yang top tiga, yakni Ganjar, Anies, dan Prabowo punya elektabilitas yang kuat.

  • Bagikan