Hati-hati! Daftar Makanan Ini Berbahaya Jika Dipanaskan Berulang Kali

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID -- Makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Seringkali masakan yang Anda masak bersisa. Jika dibuang akan mubasir. Alhasil, banyak yang memanaskan makanan tersebut untuk dikonsumsi kembali.

Namun, tahukah Anda, ternyata ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan berulang kali.

Menurut dr Vivi, ada beberapa makanan yang berbahaya jika dipanasi kembali. Ini karena akan ada zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Nasi

Makanan pertama adalah nasi. Kebanyakan orang memiliki kebiasaan untuk memanaskan nasi jika terdapat sisa.

Nyatanya nasi yang dipanaskan akan memiliki kandungan bakteri Bacollus Cereus yang bisa menghasilkan zat toksin (spora) lebih banyak.

  1. Ayam

Sumber protein salah-satunya bisa didapatkan dari daging ayam. Selain itu, ayam menjadi pilihan makanan yang banyak dikonsumsi di Indonesia.

Namun, daging ayam yang dipanasikan secara berulang akan menyebabkan timbulnya kandungan nitrogen.

Nitrogen ini terdapat pada protein yang akan mengalami oksidasi. Akibatnya akan menimbulkan gangguan pencernaan hingga kasus terparah menyebabkan kanker.

  1. Bayam

Bayam adalah salah-satu sayuran hijau yang tidak boleh dipanaskan berulang kali. Ini dapat menyebabkan kandungan di dalamnya menjadi racun.

Ada sayuran hijau seperti bayam terdapat kandungan nitrat. Nitrat ini bisa melepaskan karsinogenik yang bisa menimbulkan kanker pada saat dilakukan pemanasan berulang kali.

  1. Jamur

Jamur juga menjadi makanan yang berbahaya dikonsumsi jika mengalami pemanasan berulang kali. Jamur perlu dikonsumsi sesegera mungkin setelah diolah.

  • Bagikan