Persilakan Prabowo Subianto Maju Capres 2024, Jokowi: Bahwa Itu Ditafsirkan sebagai Restu, Ya Silakan Saja

  • Bagikan
Jokowi dan Prabowo tampak akrab di Istana beberapa waktu lalu. Ilustrasi. Foto: BPMI Setpres

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilakan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Jokowi telah memberi restu kepada Prabowo yang merupakan bawahannya itu untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

"Istilahnya, saya kira, karena menyampaikan kepada saya, masa saya bilang jangan. Ndak, kan nggak begitu. Ya, silakan," kata Jokowi, dikutip dari ANTARA, Jumat, 12 Agustus 2022.

Ia nengatakan, sistem demokrasi mempersilakan demikian.

Tidak mungkin dirinya, sebagai presiden, mengatakan tidak ketika ada menteri yang menyampaikan keinginannya maju dalam pilpres.

"Silakan bahwa itu ditafsirkan sebagai restu. Ya silakan saja," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diharapkan maju sebagai capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Rapimnas Partai Gerindra, yang dihadiri 8.500 kader, menghendaki Prabowo Subianto maju sebagai capres. Rapimnas itu digelar di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Jumat.

Muzani mengatakan salah satu hal yang melandasi suara kader Gerindra bulat mendukung Prabowo sebagai capres ialah karena sosok mantan Pangkostrad itu dinilai populer dari hasil survei dan tidak pernah bergeser dari komitmen menjaga keutuhan negara RI.

Elektabilitas Menhan Prabowo Subianto

Sebelumnya, tiga nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan unggul dalam elektabilitas sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

  • Bagikan