Angkat Trofi di Podium saat Timnas U-16 Juarai AFF Cup, Menpora dan Ketum PSSI Tuai Hujatan Netizen

  • Bagikan
Tangkapan layar twitter.

FAJAR.CO.ID -- Aksi Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum (Ketum), Iwan Bule, jadi sorotan warganet. Pasalnya, kedua tokoh itu mengangkat trofi Piala AFF saat Timnas Indonesia U-16 memenangkannya usai menaklukkan Vietnam dengan skor 1-0 di di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022).

Tak sedikit netizen yang menyentil aksi keduanya di media sosial. Memang, lazimnya trofi juara diangkat oleh kapten tim.

Secara moral, itu menjadi penghormatan buat para pemain serta pelatih yang telah berjuang di atas lapangan. Adapun para pejabat teras macam menteri hingga pejabat federasi, seharusnya sebatas memberikannya kepada pemain atau pelatih.

"Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Iwan Bule diduga melanggar kode etik Perfederasian Sepakbola karena terlibat langsung dalam pengangkatan trophy juara #AFFU16. Keduanya diduga kuat mempunyai misi meningkatkan Popularitas tapi urat malu putus," tulis salah satu warganet di Twitter, dilihat fajar.co.id, Sabtu malam (13/8/2022).

Kebanyakan warganet mempertanyakan alasan Zainudin dan Iwan Bule yang turut mengangkat trofi Piala AFF U-16 2022. Bagi mereka, hak mengangkat piala sepenuhnya ada pada para pemain yang sudah berjuang mengharumkan nama Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, Garuda Muda meraih Piala AFF U-16 tahun 2022 dengan catatan yang luar biasa. Mereka meraih 100 persen kemenangan dengan produktivitas luar biasa, mencapai 15 gol.

Timnas U-16 hanya dua kali kebobolan sepanjang turnamen ini. Menariknya lagi, Timnas U-16 menggebuk Vietnam secara back to back di turnamen tersebut. (bs-sam)

  • Bagikan