Bendung Katulampa Siaga 2, DKI Jakarta Diprediksi Banjir

  • Bagikan
Bendung Katulampa Siaga 2 banjir Jakarta dengan ketinggian 180 cm pada Minggu (14/8/2022). (ANTARA/Pos jaga Bendung Katulampa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, yang dialiri Sungai Ciliwung mengalami kenaikan tinggi muka air (TMA) hingga mencapai 180 cm sehingga berstatus siaga 2 banjir Jakarta pada Minggu malam (14/8).

Menurut Petugas jaga Bendung Katulampa Muhamad Jaenudin di Bogor, hujan sedang hingga deras di kawasan Puncak Bogor, Kabupaten Bogor dan hujan sedang hingga di wilayah Kota Bogor pada sejak sore hari membuat arus Sungai Ciliwung cukup tinggi. “Cukup tinggi malam ini, siaga 2. Warga Jakarta waspada. Cuaca masih hujan gerimis juga di Kota Bogor, Puncak Bogor masih potensi hujan juga,” kata Jaenudin.

Jaenudin menyebut status siaga 2 di Bendung Katulampa dengan ketinggian 180 cm tercatat pada pukul 19.00 WIB. Kenaikan mulai terjadi pada sore hari ketika hujan sedang hingga deras mulai mengguyur wilayah hulu Sungai Ciliwung yakni di Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor. Ditambah, hujan ringan hingga sedang juga terjadi di Kota Bogor.

Derasnya aliran Sungai Ciliwung itu akan melintas Jakarta diperkirakan pada malam hari. Sementara, menurut perkiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di situs resminya, Minggu, wilayah Puncak Bogor di Gadog, Cibinong, Kabupaten Bogor hingga wilayah Kota Bogor pada pukul 16.00 WIB hujan sedang hingga lebat.

Hujan deras hingga sedang yang bertahan sejak sore dengan intensitas yang naik turun hingga pukul 19.00 WIB ini, cukup membuat air sungai itu cukup deras hingga TMA mencapai siaga 2 banjir Jakarta.

Intensitas hujan sedang ini akan berlanjut hingga pukul 22.00 WIB malam. Barulah kemudian, cuaca di hulu Ciliwung itu mulai cerah. Hal serupa juga terjadi di wilayah Kota Bogor. BMKG merilis, lewat pukul 22.00 WIB kondisi cuaca mulai cerah kembali.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan