Jaga Kerukunan di Tahun Politik, Zainut Tauhid Sa’adi Warning ASN dan PPPK

  • Bagikan
Wamenag Zainut Tauhid. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) baik PNS maupun PPPK di lingkungan Kemenag untuk menjaga kerukunan saat tahun politik.

Selain itu, para PNS dan PPPK juga diminta menjaga persatuan baik secara internal maupun antarumat beragama. "Saya tegaskan, menjelang tahun politik, jangan sampai gara-gara berbeda pandangan, berbeda pilihan politik, suami-istri bertengkar, tetangga tidak berteguran, antarsaudara tidak rukun," kata Wamenag Zainut, Minggu (14/8).

Sebagai penghulu, lanjutnya, penyuluh agama dan guru mesti menjaga kerukunan dan perdamaian antarumat beragama, dan antarkelompok masyarakat. Hal itu penting di tengah masyarakat yang majemuk. Baik berbeda adat istiadat, bahasa, suku, agama, dan beda pilihan politiknya.

"Di dalam masyarakat yang majemuk ini harus memberikan pemahaman yang moderat, baik dalam berpolitik maupun beragama," tegas Wamenag.

Kementerian Agama (Kemenag) juga memiliki program prioritas berupa moderasi beragama, tetapi bukan memoderatkan agama. Menurut Zainut Tauhid, nilai-nilai agama sejatinya sudah moderat.

Nah, yang perlu dimoderatkan adalah perilaku dan cara umat dalam menjalankan agamanya, supaya tidak ekstrem, tidak radikal dan tidak liberal.

Dia juga mengingatkan pentingnya sikap toleransi agar tidak mudah dipecah belah dan diadu domba.

"Tidak boleh menganggap hanya kelompok sendirilah yang paling benar, sementara kelompok lain itu salah,” ujar Zainut. (jpnn/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan