Formasi PPPK Guru Agama 2022 Buat Guru Honorer Sumringah, Peluang Terbuka Lebar

  • Bagikan
ilustrasi pendidikan agama

FAJAR.CO.ID, KEBUMEN – Usulan formasi PPPK Guru Agama 2022 membuat para guru honorer Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah sumringah.

Dengan adanya formasi PPPK Guru Agama 2022, para tenaga honorer yang berada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) bisa lega.

Ketua Forum Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Musbihin menyambut baik adanya formasi PPPK Guru Agama 2022.

Musbihin mengatakan puru honorer PAI di Kebumen sangat bersyukur karena doa-doa mereka dikabulkan.

Dengan adanya formasi PPPK Guru Agama yang diusulkan pemerintah, maka peluang guru honorer PAI untuk menjadi PPPK semakin terbuka. SK PPPK pun sudah di depan mata.

Guru honorer PAI ini mengatakan, pada 2020, program PPPK 1 juta guru tidak mengakomodir guru PAI.

Saat itu, Kebumen hanya mengusulkan formasi CPNS untuk guru PAI sebanyak 24 orang. Namun pemerintah pusat tidak menyediakan formasi CPNS, sehingga 24 formasi itu dialihkan ke PPPK.

Baru pada Maret 2021 dari pusat ada jatah PPPK untuk guru agama sebanyak 27.303 seluruh Indonesia.

Musbihin mengatakan sebanyak 448 guru di Kebumen lulus passing grade (PG) saat mengikuti seleksi PPPK 2021, termasuk di antaranya 240 guru agama.

“Jadi, guru lulus PG sebanyak 448. Dari jumlah itu yang untuk guru PAI sebanyak 240 formasi,” ucap Musbihin, seperti dilansir JPNN, Senin (15/8).

Nah, Pemkab Kebumen telah mengusulkan formasi PPPK 2022 sebanyak 596 kuota. Dari jumlah itu, 448 di antaranya adalah formasi PPPK guru.

  • Bagikan