Tips Memakai Headset Agar Tetap Aman untuk Telinga

  • Bagikan
Ilustrasi headset

FAJAR.CO.ID-- Salah-satu alat elektronik yang cukup populer saat ini adalah headset. Mendengarkan musik melalui alat ini memiliki sensasi tersendiri.

Namun, penggunaannya tentu perlu diperhatikan. Misalnya saja rajin rajin membersihkannya agar tidak ada virus atau bakteri yang bisa berpindah ke dalam telinga.

Menurut dr. Kristiawan ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam penggunaan headset yang aman untuk telinga. Berikut penjelasannya.

  1. Pakai Headset yang Nyaman

Ada banyak jenis headset di pasaran. Pilihlah headset yang nyaman untuk Anda. Hindari memilih jenis yang bisa menekan telinga.

Selain itu, jangan juga memilih yang masuk terlalu dalam ke telinga. Ini bisa menyebabkan iritasi pada bagian liang telinga. Jika dibiarkan bisa menimbulkan rasa nyeri luar biasa.

  1. Suara Tidak Boleh Lebih dari 60 Persen

Bagi Anda yang suka mendengarkan headset hingga volume maksimal, ini adalah kebiasaan yang sangat buruk.

Suara lebih dari 85 dB sama halnya mendengarkan suara mesin buldoser. Kerusakan permanen secara bertahap dapat terjadi jika didengarkan selama 8 jam nonstop.

  1. Tidak boleh lebih dari Satu Jam

Kebiasaan menggunakan headset berjam-jam juga tidak baik untuk telinga. Menurut dr. Kristiawan batas normal menggunakan headset adalah satu jam.

Lebih dari itu nisa sebabkan cedera ada organ dalam indra pendengaran. Kerusakan yang terjadi tersebut tidak bisa dipulihkan kembali.

Headset sudah menjadi aya hidup orang banyak. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada dampak yang akan berbahaya untuk pendengaran ketika digunakan secara berlebihan. (Elva/Fajar).

  • Bagikan