5 Tips Cegah Asam Urat Pada Lansia

  • Bagikan
Ilustrasi asam urat(ThamKC)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Asam urat bisa menyerang siapa saja, tapi lebih rentan dialami oleh para lansia. Sering kali gejala asam urat yang dialami tergolong berat seperti yang terjadi saat serangan akut.

Namun, terkadang kondisi ini tidak menimbulkan gejala yang dikenal sebagai remisi. Tidak ada obat yang mampu menyembuhkan gout. Akan tetapi kadar asam urat sejatinya masih dapat dikontrol.

Selain dengan obat rutin, asam urat pada lansia bisa dicegah. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, dikutip dari PMJ News berikut sejumlah cara yang bisa diterapkan untuk mencegah asam urat:

  1. Mengatur Pola Makan

Hindari makanan yang dapat memicu terjadinya serangan asam urat, seperti daging merah, jeroan, serta makanan laut. Tak hanya itu, batasi konsumsi alkohol terutama bir, brandy, dan wiski.

  1. Perbanyak Aktivitas Fisik

Salah satu penyebab asam urat pada lansia adalah gaya hidup sedenter atau tidak banyak beraktivitas. Oleh sebab itu, aktif secara fisik dapat menjadi cara mencegah penyakit asam urat.

Lakukanlah olahraga secara aktif yakni 150 menit per minggu dengan intensitas sedang. Pada intensitas sedang, seseorang akan terengah-engah apabila berusaha berbicara satu kalimat.

Selain menghindari risiko asam urat, berjalan kaki, berenang, atau bersepeda rutin mampu menurunkan risiko penyakit lainnya juga, seperti penyakit jantung dan diabetes.

  1. Pertahankan Berat yang Ideal

Memiliki berat badan yang sehat, melalui konsumsi makanan yang baik serta berolahraga, akan menurunkan risiko memiliki kadar asam urat yang tinggi.

Apabila Anda mengalami penurunan berat badan secara banyak dalam waktu singkat, ini dapat meningkatkan risiko serangan asam urat dalam jangka pendek.

  • Bagikan