Pertahankan Swasembada, Hamka B Kady Dorong Pemerintah Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Pertanian

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady mengapresiasi kebijakan Presiden Joko Widodo atas pencapaian swasembada beras, bahkan surplus dalam 3 tahun terakhir.

Berdasarkan data BPS, stok beras nasional April 2022 mencapai 10,2 juta ton. Atas pencapaian itu, Indonesia menerima Certificate of Acknowledgement dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI).

"Kita tentu bersyukur atas penghargaan itu. Yang lebih penting itu merupakan wujud apa yang sudah dilakukan pemerintah dan DPR terutama pembangunan bendungan dengan investasi yang begitu besar. Hasilnya sudah kelihatan," ujar Hamka usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Legislator Partai Golkar dari Sulawesi Selatan ini mendorong swasembada ini terus dipertahankan sehinga dapat menopang kebutuhan dalam negeri dan peningkatan ekspor.

Caranya menurut Hamka, dengan menyelesaikan seluruh infrastruktur pertanian, dari bendungan, embung, hingga jaringan irigasi yang mendukung peningkatan produksi pertanian nasional, serta memanfaatkan varietas-varietas unggul padi, dan melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi.

"Sehingga produksi pertanian kita menjadi lebih baik, bahkan hasil pangan bisa kita ekspor lebih besar lagi. Karena infrastruktur pertanian adalah modal berharga untuk mencapai swasembada pangan," katanya.

Oleh karenanya, Hamka memberi apresiasi atas kerja keras pemerintah, DPR, dan dukungan seluruh anak bangsa sehingga Indonesia mampu menghadapi krisis pangan global, sekaligus mewujudkan kedaulatan pangan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan