Dua Kapal Pengangkut BBM Meledak dan Terbakar, Satu Tewas dan Dua Hilang

  • Bagikan
Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal. ANTARA/HO-Humas Polda Papua

FAJAR.CO.ID, JAYAPURA - Seorang tewas dalam insiden terbakarnya dua unit kapal pengangkut BBM yang sedang bersandar di dermaga milik Pertamina Distrik Assue, Kabupaten Mappi, Papua, Kamis dini hari.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengatakan dari laporan yang diterima insiden terjadi sekitar pukul 01.45 WIT.

Selain menewaskan seorang ABK, insiden itu juga mengakibatkan empat ABK lainnya belum ditemukan.

Insiden kebakaran itu diketahui setelah adanya warga yang melaporkan ke Polsek Aston, sehingga anggota langsung mendatangi TKP.

Dari keterangan saksi terungkap, api berasal dari kapal kayu Purnama milik Ucok yang saat itu sedang berlabuh di sebelah kapal LCT Pertamina hingga api membesar dan menimbulkan ledakan serta membakar body kapal LCT.

"Untuk penyebab pastinya kebakaran tersebut, masih dilakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi serta barang bukti berupa kedua kapal," jelas Kombes Kamal di Jayapura, Kamis.
Ditambahkannya, KM LCT membawa 12 ABK, seorang dilaporkan meninggal, yakni Markus Tangke dan dua orang belum ditemukan.

Korban dari KM Purnama tercatat dua orang alami luka bakar dan dua orang lainnya belum ditemukan. Adapun empat ABK yang dilaporkan hilang yakni Pardi, Herman, Rama, dan Ucok.

"Pada saat kejadian BBM yang ada di kedua kapal sudah diturunkan," ujar Kombes Kamal. (ant/jpnn/fajar)

  • Bagikan