Infeksi Cacar Monyet Terus Alami Peningkatan di Sejumlah Negara, Zubairi Djoerban: Jangan Abai!

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- World Health Organization (WHO) menetapkan cacar monyet (monkeypox) sebagai darurat kesehatan global.

Beberapa negara telah melaporkan kasus dan terus mengalami peningkatan. Kasus terbanyak terjadi di Amerika Serikat.

Kementerian Kesehatan menyampaikan belum ada kasus cacar monyet di Indonesia. Meski dilaporkan banyak suspek sejak Juni lalu, tetapi tidak ada yang positif.

Pemerintah terus mengimbau khususnya Kementerian Kesehatan agar terus melakukan sosialisasi terkait penanganan dan pencegahan penyakit cacar monyet ini.

Terlebih saat ini, beberapa negara di Asia Tenggara telah melaporkan kadus positif. Sebut saja negara tetangga seperti Singapura dan Thailand.

Zubairi Djoerban salah satu dokter spesialis penyakit dalam Indonesia mengimbau agar tidak ada yang mengabaikan infeksi cacar monyet ini.

Mengingat jumlahnya yang terus meningkat di negara lain. Dikhawatirkan virus ini dapat menyebar ke Indonesia.

"JANGAN ABAI! Infeksi cacar monyet (monkeypox) terus meningkat. Lebih dari 35.000 kasus telah dilaporkan dari 92 negara, dan terdapat 12 kematian. Minggu lalu saja tercatat ada 7500 kasus yang dilaporkan, meningkat 20 persen dari minggu sebelumnya," tulis Zubairi Djoerban dalam akun twitternya. (Elva/Fajar)

  • Bagikan