Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto Hampir Pasti Ramaikan Capres 2024, Adi Prayitno: kan Tinggal Negosiasinya

  • Bagikan
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto berpotensi besar bakal bersaing pada Pilpres 2024 mendatang. Foto: Instagram

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto sama-sama memiliki peluang besar jadi capres pada pemilu mendatang.

Pasalnya, mereka didukung koalisi partai politik yang telah memenuhi syarat presidential threshold sebesar 20 Persen. "Gerindra dengan PKB. Serta Golkar, PPP, dan PAN dengan Koalisi Indonesia Bersatunya," kata Adi saat dihubungi, Kamis (18/8).

Menurut Adi, KIB bisa dipastikan bakal mengusung Airlangga di Pilpres 2024. Apalagi Golkar sebagai pemilik kursi terbanyak kedua, Golkar dianggap punya kekuatan untuk mengusung Airlangga.

"Entah sebagai capres atau cawapres. Apalagi pilpres lalu Golkar tidak punya kandidat," kata Adi.

Begitu pula koalisi Partai Gerindra yang mendukung Prabowo sebagai capres. Dengan berkoalisi dengan PKB, koalisi itu sudah mencukupi ambang batas megusung capres.

Adi juga menilai, keduanya berpeluang berkoalisi. Apalagi Partai Gerindra, PKB, Golkar, PPP, dan PAN merupakan satu kubu di pemerintahan.

"Sebelum putaran resmi dan pendaftaran ke KPU semua bisa berubah. Kan tinggal negosiasinya, siapa capres dan cawapresnya, partai pendukungnya dapat apa. kan gitu dalam politik," kata Adi.

Meski begitu, Adi memprediksi Pilpres 2024 tak hanya akan diramaikan oleh Prabowo dan Airlangga saja. PDIP sebagai pemilik suara terbanyak juga akan mengusung calonnya sendiri. Begitu pula koalisi Partai NasDem.

"Kan enggak mungkin dua poros, bisa nanti empat poros, dengan PDIP dan koalisi NasDem. Kalau semua punya jagoan dan nanti bertarung kan sangat mungkin ke putaran kedua," ujarnya.

Ayo terhubung bersama kami di:
  • Bagikan