Tegakkan Hukum Tanpa Pandang Bulu dalam Kasus Brigadir J, Ngasiman Djoyonegoro Bilang Ini soal Kapolri

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Pengamat intelijen dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro menilai sikap Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terkait insiden penembakan Brigadir J sudah tepat.

Dia menyebutkan Kapolri sudah mengambil sikap yang responsif, transparan, tegas, dan independen.

"Sikap Kapolri sudah tepat. Selain responsif, transparan, dan tegas, beliau telah menegakkan hukum seadil-adilnya tanpa pandang bulu," kata Ngasiman Djoyonegoro kepada wartawan, Kamis (18/8).

Pria yang akrab disapa Simon itu menyebutkan sikap Kapolri tersebut penting di saat Indonesia sedang menggenjot pemulihan ekonomi pascapandemi.

"Di saat Indonesia sedang menggenjot pemulihan ekonomi pasca-pandemi, sikap Kapolri yang transparan dan tanpa pandang bulu dalam penegakan hukum, punya nilai positif di mata publik. Marwah Korps Bhayangkara juga tetap terjaga," lanjutnya.

Menurut Simon, upaya Kapolri berkoordinasi dengan lembaga lain seperti Komnas HAM dalam penyelesaian kasus itu sudah tepat, termasuk membentuk Tim Khusus (Timsus).

"Kita melihat Timsus yang dibentuk Kapolri telah berjalan maksimal, Korps Bhayangkara juga solid menjaga nama baik institusi. Ini semua tidak lepas dari kepemimpinan Kapolri yang tegas, transparan, dan mengayomi," tutur Simon.

Dia juga menyebutkan terkait dugaan isu perjudian yang melibatkan oknum kepolisian harus diusut tuntas. "Oknum kepolisian yang terlibat harus ditindak tegas," kata Simon.

Dia juga berharap seluruh jajaran Polri untuk solid mendukung penyelesaian penanganan insiden pembunuhan Brigadir J. "Nama baik institusi Polri harus tetap terjaga, sehingga pemulihan ekonomi nasional pasca-pandemi bisa berjalan dengan baik," pungkasnya. (jpnn/fajar)

  • Bagikan