Andi Amran Sulaiman: Masa Depan Indonesia Ada di Timur

  • Bagikan
Andi Amran Sulaiman

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Menteri Pertanian era Jokowi-JK, Andi Amran Sulaiman menaruh perhatian khusus terhadap potensi Indonesia menjadi negara maju di masa yang akan datang. Dengan tegas ia menyebut masa depan negeri ini ada di timur.

Hal tersebut diungkapkan saat memimpin upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu 17 Agustus 2022 di hadapan karyawan Tiran Group.

Founder sekaligus CEO Tiran Group itu menyampaikan potensi alam, energi, pangan dan hasil laut yang melimpah semua tersedia melimpah ruah di timur Indonesia. Akan lebih dahsyat jika potensi ini dimanfaatkan dan dirasakan oleh anak bangsa sendiri.

"Masa depan Indonesia ada di timur. Kekayaan sumber daya alam ini berpotensi mendorong Indonesia jadi negara maju," tegas Andi Amran.

Menurutnya kalau kekayaan alam ini dikelola dengan baik oleh anak bangsa maka akan menghasilkan ribuan triliun untuk pembangunan negara serta memakmurkan rakyat Indonesia.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) itu mencontohkan, Kabupaten Konowe Utara, Sulawesi Tenggara yang menyimpan kekayaan alam yang melimpah.

Dikatakan, satu kabupaten Konowe bisa menghasilkan Rp2 juta triliun sebelum diolah. Ia mengkalkulasi ada 46 miliar ton nikel di wilayah tersebut.

Menurut Amran, Indonesia menempati posisi penting dalam penguasaan nikel dan bauksit dunia, baik dari sisi produksi maupun potensi cadangan yang dimiliki.

Berdasarkan kajian Badan Geologi Kementerian ESDM, dari seluruh negara yang diidentifikasi memiliki potensi nikel, Indonesia mendominasi hampir 24% cadangan nikel dunia.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan