Budiman PDIP Bilang DN Aidit Keturunan Arab, Fadli Zon Beri Bantahan Begini

  • Bagikan
D.N Aidit

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Anggota DPR RI Fadli Zon membantah pernyataan politikus PDI-Perjuangan, Budiman Sudjatmiko yang menyebut pimpinan Partai Komunis Indonesia atau PKI, Ahmad DN Aidit adalah keturunan Arab.

"Tidak benar sama sekali, apalagi sumbernya dr tokoh PKI Sidik Kertapati. @budimandjatmiko," tulis Fadli Zon di Tweitternya, Sabtu 20 Agustus 2022.

Sebelumnya, pernyataan Budiman bahwa DN Aidit adalah warga keturunan Arab disampaikan melalui akun Twitter-nya, @budimandjatmiko.

Budiman menyampaikan itu guna menanggapi salah satu cuitan warga net @Ekowboy2 yang membawa-bawa peran Arab dalam kemerdekaan RI.

"Dar ipada Ekowboy2 bicara yg tak sesuai fakta bahwa orang Arab lah yg punya rumah proklamasi, kenapa dia gak angkat fakta bahwa ada pemuda turunan Arab ikut menculik Bung Karno & Bung Hatta u/ mendesak proklamasi? Nama Pemuda turunan Arab itu..Ahmad (DN) Aidit," tulis Budiman.

Adapun bukan kali ini saja narasi Dipa Nusantara Aidit atau DN Aidit merupakan keturunan Arab. Narasi ini sudah lama beredar.

Hoaks ini beredar lantaran nama Aidit mirip dengan marga Al-Aidid yang merupakan marga para habaib keturunan Arab.

Narasi ini telah dibantahkan oleh DPP Rabithah Alawiyah beserta Maktab Daimi sebagai lembaga resmi pencatatan nasab Alawiyin pada tahun 2017 silam.

"Bersama surat ini DPP Rabithah Alawiyah beserta Maktab Daimi sebagai lembaga resmi pencatatan nasab Alawiyin menyatakan bahwa DPP Rabithah Alawiyah maupun Maktab Daimi tidak pernah mengeluarkan kisah tentang gembong PKI yang bernama DN. Aidit dan menyatakan pula bahwa kisah tersebut tidak benar dan bahwa Aidit tersebut tidak ada hubungan sama sekali dengan keluarga Al-Aidid, dan hanya kemiripan nama semata. Sekian," demikian bantahan dari DPP Rabithah Alawiyah.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan