Kurangnya Kuantitas dan Kualitas Elastin dan Kolagen Buat Kekenyalan Kulit Menurun

  • Bagikan
:Lee Jeong Hoon selaku MC, dr. Yohan Samudra, Sp.GK selaku Nutritionist and Health Expert, Ricky Suhendar selaku Chief Marketing Officer PT Asia Health Energi Beverages, dan Cia Wardhana selaku MC

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kolagen merupakan protein struktural utama dalam jaringan ikat dan komponen matriks jaringan ekstraseluler. Perannya begitu penting dalam pembentukan fibroblas, keratinosit, melanosit, dan sel khusus sistem kekebalan kulit di tubuh manusia.

Hal itu diungkapkan dokter spesialis gizi, dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K. Dia merinci, kolagen merupakan 25 persen hingga 30 persen dari semua protein dalam tubuh, banyak terdapat pada kulit, rambut, tendon, tulang rawan, dan tulang.

Dia menjelaskan, aksi ganda kolagen pada kulit adalah menyediakan komponen building blocks untuk kulit (dan elastin), serta mengikat reseptor di fibroblas yang terletak lapisan dermal untuk merangsang sintesis kolagen serta asam hialuronat.

Namun faktanya, beber dia, kemampuan tubuh manusia memproduksi kolagen menurun dratis seiring usia dan beberapa faktor eksternal dari gaya hidup, seperti merokok, kurang tidur, kurang gizi, paparan sinar matahari, dan lainnya.

"Berkurangnya kuantitas dan kualitas elastin dan kolagen pada daerah dermis membuat kekenyalan kulit menurun sehingga tampak “kosong” atau “longsor”, bertambahnya kerutan, hilangnya elastisitas, dan perubahan warna kulit,"jelasnya.

“Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa asupan minuman kolagen dapat membantu meningkatkan jumlah kolagen pada tubuh. Tampak pada penggunaan 2.5 g kolagen peptide setiap hari, selama 60 - 90 hari dapat membantu memperbaiki hidrasi dan elastisitas dan mengurangi kerutan, meningkatkan bioaktifitas fibroblast dan sintesis kolagen, melindungi fungsi sel dari efek berbahaya UVA, menyehatkan saluran pencernaan, hingga dapat memperbaiki kondisi sarcopenia, radang sendi, penyembuhan luka, dan menambah imun tubuh.” terang dr Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan